You are here:

7 Tips Mengamankan Komputer dari Virus, Malware, dan Attack Hacking untuk Pemula

 

Mengamankan komputer dari serangan virus, malware dan Hacking sangatlah penting. Apalagi PC yang anda gunakan berisi file pribadi yang sangat penting, tentu anda tidak mau kehilangan atau digunakan orang lain bukan? Nah, jika anda seorang pemula dan PC anda terhubung dengan akses internet yang lebih rawan dengan hacker, ikuti 7 tips mengamankan komputer dari virus, malware, dan Hacking berikut ini.

Tips Mengamankan komputer

 1. Instal Software Antivirus

Pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal antivirus yang handal dan kuat di PC Anda serta mengatur fitur update secara otomatis. Banyak antivirus yang handal seperti AVG atau Avira dan Anda bisa mendapatnya secara gratis. Tapi alangkah baiknya anda menggunakan yang berbayar karena memiliki fitur yang lebih lengkap. Dengan menginstal Antivirus ini maka PC anda akan terlindung penuh dari Virus dan Spyware.

2. Perbarui Sistem Operasi Anda

Ada asumsi yang salah bahwa Update Windows sangat menggangu dan memenuhi hard drive saja padahal Update ini sangat penting untuk melindungi PC dari berbagai eksploitasi atau crack berbahaya. Jadi Anda harus secara teratur menghidupkan update otomatis OS di PC anda.

3. Gunakan Online Antivirus Scanner

Hal ini berbeda dengan Antivirus yang telah saya sebutkan pada tips pertama, tapi Onlie Antivirus Scanner ini digunakan untuk diintegrasikan dengan layanan email. Seperti halnya pada Yahoo dan Gmail telah menggunakan Pemindai antivirus Online untuk memeriksa apakah mail Anda telah menerima file yang mengandung program berbahaya.

 4. Gunakan Firewall

Firewall sangat penting sekali karena untuk menyaring dan memonitor data yang dikirim dan diterima melalui internet. Sayangnya banyak yang menonaktifkan fitur ini karena menganggap hal itu sangat menganggu. Memang kalau di rasa, saya pun telah mengalaminya ketika mengaktifkan firewall sangat menganggu. Tapi karena demi kebaikan PC Anda ada baiknya mengaktifkan Firewall.

 5. Gunakan Password yang kuat

Untuk melindungi PC anda gunakanlah password yang kuat yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Usahakan untuk setiap account pengguna memiliki password yang berbeda. Untuk melakukannya silahkan buka Control Panel – USer Account.

6. Memindai USB

Memindai USB sangatlah penting karena seperti anda ketahui USB atau flashdisk sering sekali digunakan untuk transfer data antara PC satu dengan PC lain. Nah, saat transfer itu dikhawatirkan membawa virus yang dapat membahayakan komputer anda. Untuk itu jangan lupa untuk selalu memindai USB anda.

 7. Backup data secara teratur

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan buatlah data cadangan dengan cara membackup data secara teratur. Untuk membackup data anda bisa memanfaatkan Harddisk eksternal atau jika tidak ingin repot anda bisa menggunakan penyimpanan online Cloud dari DropBox atau RapidDrive yang berasal dari Rapidshare.

Dengan melakukan tips-tips diatas mudah-mudahan bisa membantu Anda sebagai seorang pemula untuk mengamankan data pribadi yang ada pada PC Anda. Sehingga nantinya ketika bekerja anda juga bisa tenang tanpa harus khawatir terkena virus, Malware dan serangan Hacker.

Source : Spyontech

Incoming search terms:

  • cara mengamankan komputer dari serangan hacker (2)
  • sebutkan hal yg dapat di lakukan untuk melindungi sistem anda dari serangan attaxker (2)
  • cara mengamankan komputer dari virus dan hacker (1)
  • sebut dan jelaskan cara mengamankan virus (1)
Posted by admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
8