You are here:

Go Paperless dengan Smartphone

 

Kertas sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Dengan makin bertambahnya populasi dunia, tidak heran jika penggunaan kertas makin meningkat di mana-mana. Menurut salah satu perusahaan pemasok kertas, Foex, seperti dilansir BBC, diramalkan bahwa pada tahun 2012 ini kebutuhan kertas total di seluruh dunia dapat mencapai 400 juta ton. Dari jumlah tersebut dapat dibayangkan seberapa luas hutan yang harus ditebang untuk menghasilkan kertas. Untuk ilustrasi, satu pohon harus ditebang untuk menghasilkan 17 rim atau hampir 8.500 lembar kertas. Sebanyak 12 kayu dibutuhkan untuk menghasilkan 1 ton surat kabar. Dengan daur ulang, penebangan pohon untuk menghasilkan kertas dapat dikurangi, misalnya saja 1 ton 30% kertas kopi daur ulang akan menyelamatkan 7.2 pohon. Meski demikian, penebangan hutan masih terus berlanjut dan upaya-upaya baru untuk mengurangi penggunaan kertas selain daur ulang perlu digalakkan untuk melestarikan hutan.

Go Paperless

tarheelimaging.com

Di negara-negara maju, penggantian kertas dengan media lain sudah merupakan hal yang wajar. Misalnya saja di London, di mana kartu langganan transportasi yang dapat diisi ulang digunakan untuk menggantikan tiket berbahan kertas. Contoh lain yang banyak ditemui adalah email yang makin banyak digunakan untuk menggantikan surat, dan kartu elektronik untuk menggantikan kartu lebaran atau natal lewat pos. Meski demikian, kertas masih merupakan media utama yang digunakan di berbagai sekolah dan perkantoran. Isu untuk menggalakkan kantor tanpa kertas (paperless office) hingga uang elektronik sudah menjadi bahan perbincangan selama beberapa dekade akhir, dan hingga saat ini para ahli IT masih terus berdebat mengenai upaya-upaya ekstrim tersebut demi mengurangi penggunaan kertas.

Sementara itu, apa yang kita bisa lakukan untuk membantu mengurangi penggunaan kertas? Cara paling mutakhir yang dapat kita pakai untuk menghemat kertas cukup mudah, yaitu dengan memberdayakan smartphone. Smartphone seperti BlackBerry terbaru memiliki berbagai aplikasi yang membantu kita untuk mengurangi penggunaan kertas. Seringkali smartphone justru lebih mudah digunakan dibanding menggunakan media berbasis kertas, sehingga sambil menghemat waktu dan biaya kita dapat membantu melestarikan hutan. Sebagai tambahan, untuk jadi ramah lingkungan dengan smartphone tidak berarti harus mengeluarkan lebih banyak biaya mengingat harga BlackBerry, iPhone dan smartphone lain yang makin terjangkau. Berikut beberapa tips menggunakan smartphone untuk mengurangi penggunaan kertas dan menjadi ramah lingkungan.

1. Peta

Dengan aplikasi peta seperti Google Maps, perjalanan ke tempat-tempat baru jadi lebih gampang. Tidak perlu repot membuka peta kertas, dan ditambah dengan GPS, kita tidak akan pernah tersesat. Jika ada koneksi internet, tentunya.

2. Kartu nama

Dulu, kartu nama pribadi atau bisnis selalu memenuhi dompet, belum lagi sulit untuk mencari satu-satu. Sekarang, informasi kontak dapat disimpan dengan mudah di smartphone dan disinkronisasikan dengan smartphone lain maupun laptop dan tablet. Selain itu, ada juga aplikasi seperti CamCard yang dapat menyimpan data kartu nama cukup dengan memindainya.

 3. Penyimpanan data

Penyimpanan data berwujud kertas selalu menjadi problem karena makan tempat dan membutuhkan sistem organisasi yang baik agar memudahkan pencarian. Kini banyak data disimpan dalam komputer dan terdapat aplikasi-aplikasi seperti DropBox dan SkyDrive yang memungkinkan data seberapa banyak pun untuk disimpan secara online. Selain itu, aplikasi seperti Evernote memudahkan penulisan catatan seperti memo, notulen rapat atau catatan kuliah yang dapat ditransfer dari smartphone ke laptop atau sebaliknya.

4. Daftar belanjaan

Kalau kamu tipe orang yang ceroboh, mungkin tidak jarang kamu ke supermarket dan ternyata lupa membawa atau kehilangan daftar belanjaan yang ditulis di kertas. Sekarang tidak perlu susah, karena dengan aplikasi seperti OurGroceries dan YadaHome, mengatur kebutuhan rumah tangga jadi lebih gampang dan tidak ada lagi yang terlupa.

5. Katalog restoran atau hotel

Jika berkunjung ke tempat wisata baru, sering kita bingung memilih hotel atau restoran yang cocok untuk selera kita. Aplikasi seperti Love Indonesia atau Menoo untuk wisata di Indonesia dapat memberikan lebih banyak pilihan daripada katalog atau brosur dan mudah dibawa ke mana saja.

6. Online games

Bosan karena sedang tidak ada kegiatan? Tinggal pilih berbagai permainan yang tersedia online, dari permainan klasik seperti hangman dan scrabble hingga angry birds, semua tersedia dan dapat dimainkan di mana dan kapan saja. Asal selalu ingat untuk mengisi baterai smartphone kamu, karena permainan seperti ini dapat menghabiskan baterai dalam waktu singkat.

Ingat, sekecil apa pun upaya yang kita lakukan buat menghemat kertas akan membantu melestarikan hutan. Jangan ragu mengajak teman kamu untuk mengurangi penggunaan kertas dengan tips-tips jitu di atas yang hanya bermodalkan smartphone.

Posted by admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Nov
2