You are here:

Sejarah Bir Guinness dan Manfaatnya bagi kesehatan

 

Bir Guinness sudah tidak asing lagi di telinga kita, walaupun sebagian besar dari kita tidak mengonsumsinya tapi nama merk ini sudah banyak yang tahu. Nah, karena penasaran kali ini Admin ingin membahas tentang bir Guinness ini mulai dari sejarah berdiri hingga manfaatnya bagi kesehatan.

Sejarah Singkat Minuman Bir Guinness

Berdasarkan informasi  yang  kami peroleh dari  Wikipedia,  Bir Guinness ini awalnya dibuat pada tahun  1759 oleh Arthur Guinness. Pada tahun tersebut dia membuat pabrik bir seluas 1.6 hektare di Dublin yang uangnya dia peroleh dari warisan bapak baptisnya Pastur Arthur Pcies sebesar 100 poundsterling.

Awal berdirinya Pabrik Bir Guinness ini membuat 2 jenis bir yaitu bir hitam dan ale, tapi pada tahun 1790 an  dia memutuskan hanya focus membuat bir hitam saja dan menghentikan produksi ale.

Di tahun 1803 Arthur Guinness meninggal dan bisnisnya diteruskan oleh anaknya  Arthur Guinness II. Pada tahun 1932 Guinness bergabung dengan perusahaan multinasional  Diageo dan memiliki kantor pusat  di London.

Guinness menjual 3 jenis Bir yang diedarkan keseluruh dunia :

  1. Extra Stout yang merupakan jenis bir Guinness dari keluarga Extra Stout. Jenis ini adalah jenis awal dari bir Guinness.
  2. Jenis Draught
  3. Foreign Extra stout, jenis ini memiliki rasa manis dan pahit.

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah Bir Guinness.

Manfaat mengonsumsi Bir Guinness

Informasi yang kami peroleh dari spinemd.com mengatakan bahwa bir Guinness itu memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini 5 manfaat kesehatan dari Bir Guinness

  1. Jantung Sehat

Bir Guinness ini mengandung senyawa antioksidan yang mirip ditemukan di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang mampu memperlambat deposit kolesterol pada dinding arteri. Hal ini bisa membantu mengurangi pembekuan darah dan berefek pada risiko serangan jantung bisa lebih dihindari.

  1. Kadar zat besi tinggi

Zat besi yang terdapat pada Bir Guinness ini sebanyak 0.3 miligram yang merupakan 3persen dari asupan zat besi yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

  1. Tulang menjadi lebih baik

Dengan mengonsumsi bir Guinness akan bisa meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini karena hormon phytoestrogen tanaman yang ditemukan didalam bir. Hormon ini diyakini menjadi kunci membangun tulang yang padat.

  1. Memiliki Memori yang lebih baik

Mengonsumsi alkohol ringan hingga sedang sebenarnya bisa meindungi dari gangguan kognitif yang semakin lama seperti demensia.

  1. Menurunkan berat badan

Berdasarkan sebuah penelitian, dengan mengonsumsi alkohol sedang dapat mengurangi lingkar pinggang. Penelitian ini melibatkan 19.000 wanita selama 13 tahun, para wanita yang meminum 1 atau 2 minuman beralkohol sehari 30 persen dapat mengurangi kemungkinan mengalami obesitas.

Posted by admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
16